Ritual Unik Dan Aneh Dari Pesepakbola Dunia

Ritual adalah suatu simbol kepercayaan untuk datangnya keberuntungan bagi seseorang atau kelompok individu yang melakukannya. Pada hakikatnya, pelaksanaan ritual harus berdasarkan adat, tradisi maupun agama masing-masing. Dan untuk menjalankannya, mereka tidak boleh asal-asalan.

Yaps, ritual layaknya untuk mendapatkan keberuntungan juga sering kita jumpai di berbagai event, salah satu contohnya yaitu pertandingan sepakbola. Sepakbola merupakan sebuah cabang olahraga yang cukup banyak diminati di era modern seperti sekarang ini. Kembali pada topik pembahasan dimana ada beberapa ritual unik dan aneh dari pesepakbola dunia yang mungkin saja anda sudah pernah ketahui apalagi anda adalah penggemar sepakbola. Namun demikian, untuk mengingatnya lagi mari anda simak tulisan artikel saya ini. Cekidot…

1) C. Ronaldo

Pesepakbola satu ini sudah dikenal luas sebagai salah satu superstar “rumput hijau”. Pria berkebangsaan Portugal yang kini bermain dengan klub sepakbola raksasa Spanyol yakni Real Madrid merupakan pemenang empat kali penghargaan Ballon d’Or dan juga mengambil andil besar bagi beberapa klub yang dibelanya dalam merengkuh gelar juara.

Yah, eks pemain Manchester United tersebut pernah mengoleksi sejumlah gelar juara sepakbola diantaranya Liga Inggris, Liga Champions Eropa, Liga Champions antar klub dunia, Liga Spanyol, dll. Namun, jika berbicara tentang ritual, C. Ronaldo memiliki hal yang lumayan unik dan aneh dimana setiap kali ia ingin bertempur dengan klub lawan, terlebih dahulu memijakan kaki kanannya kedalam lapangan hijau baik bersama Madrid atau Timnas Portugal. Terkadang, potongan rambut baru juga dipercayainya sebagai ritual pembawa keberuntungan.

Tidak hanya itu saja, ketika ada suatu free-kick, Ronaldo akan kerap memegang bola dengan kedua tangannya (bahkan sedikit mencium bola) dan menempatkannya di posisi yang ideal. Kemudian, ia segera mengambil ancang-ancang mundur 3 langkah, melebarkan kaki, menghela napas panjang sambil melirik nakal kearah gawang, lalu melepaskan tembakan bebas. Terbukti trik ritual ini cukup berjalan mujur dimana persentase Ronaldo dapat membobol gawang lawan sangat sering terjadi. Dan kalau berhasil menjebolnya, biasa Ronaldo akan lari seperti berselancar, atau lompat sembari menyilang kedua tangannya.

2) David James

David James adalah salah satu pesepakbola yang memiliki posisi penjaga gawang. Ia pernah dikenal sebagai kiper utama Timnas Inggris yang juga bermain untuk klub Portsmouth (Liga Inggris). Kiper satu ini ternyata juga mempunyai ritual sendiri untuk tiap kali melakoni laga sepakbola dimana ia tidak akan berbicara sepatah kata sebelum rehat/usai jalannya pertandingan. Selain itu pula, ritual yang akan dilakukannya adalah meludahi dinding terowongan dan hanya akan buang air kecil kala tak seorang pun berada di dalam toilet. Hahaha, aneh banget yah si James ini?

3) Johan Cruyff

Pemain sepakbola legendaris berkebangsaan Belanda ini juga menjadi salah satu penekun sejati ritual saat ingin melangsungkan pertandingan. Mantan pemain Ajax dan Barca tersebut mempunyai ritual yang lumayan unik nan jahil dimana ia selalu memukul perut rekan setimnya Gert Bals (kiper) ketika hendak masuk lapangan. Bukan itu aja, mengunyah permen karet juga menjadi kegemarannya. Namun, setelah mengunyah, permen karet itu akan dibuangnya ke tengah lapangan sebelum peluit kick-off dibunyikan wasit. Waduhhhh, jorok bingitz sih!!! Hmm, tercatat ketika Ajax bertemu Ac Milan di babak final Piala Eropa tahun 1969, Johan Cruyff sempat lupa melakukan ritual, alhasil timnya pun tidak berhasil meraih gelar juara dan kalah memalukan dengan skor 4-1 untuk kemenangan Ac Milan. Wkwkwk nasib-nasib…

4) Jermain Defoe

Pesepakbola lainnya yang memiliki ritual unik dan aneh yaitu Jermain Defoe. Dikala hari menjelang pertandingan terutama untuk membela Timnas Inggris, Defoe pasti akan memotong habis bagian rambut kepalanya menjadi plontos yang mana ia menyakini dapat membawa kemenangan bagi tim tersebut. Selain itu, striker sekaligus mantan pemain Tottenham Hotspur yang kini bermain untuk klub Liga Inggris Sunderland, juga percaya bahwa ia akan terhindar dari cedera apabila memangkas rambutnya.

Seperti dikutip dari tanya-jawab Jermain Defoe bersama sumber, “Saya harus memangkas rambut menjadi pendek sebelum pertandingan. Saya harus melakukannya, karena sepertinya saya selalu mengalami cedera jika memiliki rambut yang sedikit panjang”. Hahaha, ado-ado sajo lah kau Defoe!!!

5) Pele

Selain keempat nama pesepakbola yang telah saya sebutkan tadi, masih ada juga legenda hidup sepakbola dunia bernama Edson Arantes do Nascimento alias Pele yang yakin untuk masalah hal ritual. Aneh dan uniknya Pele adalah harus memakai kaos atau kostum yang sama ketika bertanding dengan lawan.

Pele yang berhasil mengantarkan Brazil juara dunia sebanyak 3 kali (tahun 1958, 1962, dan 1970) ini pernah kehilangan kostum yang mana diketahui telah ia berikan kepada salah seorang fansnya. Semenjak kostum itu hilang, Pele tampil sangat buruk di tiap kali pertandingan yang dilakoninya. Hadeuhhhhh…

Alhasil, ia merasa kebingungan dan menyuruh asistennya untuk mencari tahu keberadaan fansnya itu dengan niat mengambil balik kostum tersebut. Beberapa hari kemudian tepatnya semiggu berlalu, Pele bisa lagi memakai kostumnya itu, dan ia pun kembali dapat bermain dengan performa cukup ciamik. Kini, Pele telah pensiun menjadi pemain namun namanya tetap selalu terkenang harum sepanjang masa persepakbolaan dunia.

6) Laurent Blanc

Ritual unik dan aneh seorang pesepakbola dunia selanjutnya hinggap pada diri Laurent Blanc. Mantan punggawa lini belakang Timnas Perancis yang untuk sekarang ini melatih klub Paris Saint Germain (Liga Perancis) sangat menyukai dan percaya timnya akan menang terlebih lagi ia akan bisa bermain maksimal apabila mencium kepala plontos milik penjaga gawang Fabien Barthez.

Tak disangka, pada saat pargelaran final Piala Dunia 1998 dimana mempertemukan tim Perancis vs Brazil yang hasilnya tidak perlu diragukan lagi, Perancis berhasil keluar sebagai juara mengalahkan Brazil dengan skor cukup telak yakni 3 gol tanpa balas. Wowww keren yah Blanc???

7) John Terry

Pemain belakang (bek) kawakan berkebangsaan Inggris yang bermain untuk klub Chelsea Fc ini ternyata juga memiliki ritual khusus ketika ingin bertanding. John Terry tidak hanya menyimpan 1, 2 atau 3 ritual saja, akan tetapi 50 ritual diantaranya adalah sering mendengarkan musik lewat CD Usher pas lagi didalam bus tim. Buang air kecil di toilet yang sama terutama saat bermain di kandang (Stamford Bridge) merupakan hal yang tak kalah lupa ia lakukan demi nasib beruntung hadir pada tim kesayangannya tersebut. Dan ritual ini pun terbayar lunas, ketika memenagi Liga Champions untuk pertama kali baginya serta tim. Luar biasa bukan?

Yups, itulah jajaran pemain sepakbola yang tidak hanya punya keahlian dalam bermain sepakbola saja, namun beberapa ritual yang dilakukan mereka cukup terbilang sukses dan mujur. Hmm, kemungkinan seluruh pemain tersebut untuk kedepannya bisa menjadi Paranormal kali yah??? Hahaha…

 

 

Attachment

admin

Seorang penulis blog yang sedang belajar meningkatkan kualitas konten sebaik mungkin untuk dipersembahkan terhadap pembaca setia Utahlotusmuseum. Saya orang yang supel, gak suka digauli tetapi suka menggauli :) Salam dua jempol adalah predikat saya. Makan jadi gendut, gak makan jadi kurus (dua hal yang tidak saya inginkan).