Tragis, Gunung Berapi Inilah Yang Paling Berbahaya Didunia

Gunung berapi atau gunung api adalah salah satu keadaan alam dimana ini terbentuk dari sistem saluran fluida panas/batuan dalam bentuk cair atau lava yang memiliki kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi. Gunung berapi hanya terdapat pada kawasan tertentu saja seperti pada jalur punggungan tengah samudera, pada jalur pertemuan dua buah lempeng kerak bumi, dan pada titik-titik panas di muka bumi tempat keluarnya magma baik di benua maupun samudera (hot spot). Ada penyebab mengapa gunung berapi dapat mengeluarkan letusan. Letusan gunung berapi terjadi apabila magma naik melintasi kerak bumi dan muncul di atas permukaan. Sebagai akibat dari letusan gunung berapi, maka itu akan menimbulkan beberapa keburukan diantaranya memancarkan aliran lava, lumpur disertai bebatuan panas, abu vulkanik, kebakaran hutan, gas beracun, gelombang tsunami, dan bahkan gempa bumi.

Ada beberapa gunung berapi yang dikenal sangat berbahaya didunia ini. Apa saja itu? Lihat dan simak dibawah ini…

1. Yellowstone Caldera

th-17

Yellowstone Caldera adalah salah satu gunung berapi yang dikenal sangat berbahaya didunia. Gunung ini terletak di negara Amerika Serikat tepatnya di taman nasional Yellowstone. Disekitar kawasan pegunungan, Yellowstone memiliki keindahan alam yang sangat indah nan menyejukan dimana banyak para wisatawan mancanegara yang berpergian kemari. Akan tetapi, dibalik semua itu tersimpan teka-teki “menakutkan” demikian banyak orang berpikir dan berharap semoga tidak terjadi letusan gunung Caldera. Gunung Yellowstone Caldera pernah meletus ditahun 1980 dengan menelan korban tewas sebanyak 57 orang. Para ahli juga mengemukakan bahwa letusan gunung tersebut dapat memakan korban jiwa sekitar 87,000 orang sekaligus. Wowww… bahaya banget!!!

2. Gunung Vesuvius

th-18

Gunung vesuvius terletak di kawasan Campagnia, Italia. Vesuvius juga tercatat sebagai salah satu gunung berapi yang sangat berbahaya didunia. Gunung vesuvius pernah meletus dan erupsi pada tahun 1944 dimana ketika itu ada sekitar 79 orang yang tewas. Tidak hanya itu saja, menurut beberapa media lokal Italia mengabarkan untuk saat ini gunung tersebut masih sering mengeluarkan lava dan kawah berbahaya.

3. Gunung Popocatépetl

th-19

Salah satu gunung berapi lainnya yang dikenal sangat berbahaya yakni Popocatepetl. Gunung ini terletak di negara Meksiko. Gunung Popocatepetl juga pernah mengalami erupsi disertai gempa bumi yang berkekuatan dahsyat pada tahun 2000 walaupun tidak menelan korban jiwa, himbauan larangan oleh pemerintahan Meksiko untuk warga dan wisatawan agar tidak mendekat ke daerah tersebut terus dikumandangkan.

4. Gunung Sakurajima

th-20

Sakurajima adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Negara Jepang. Lain namanya disebut gunung Ondake. Sakurajima juga tercatat menjadi salah satu gunung yang berbahaya didunia hingga saat ini. Hampir setiap tahunnya, gunung sakurajima atau ondake selalu mengeluarkan detungan maupun letusan disertai lava panas, gempa juga termasuk. Kisah yang paling tragis dari erupsi gunung sakurajima yakni pada tahun 1914 dimana telah menelan korban tewas sebanyak 35 orang.

5. Gunung Merapi

th-21

Wow, negara Indonesia juga memiliki gunung berapi yang sangat berbahaya ternyata!!! Gunung merapi namanya… Gunung ini terletak di kawasan Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di kota Yogyakarta. Gunung ini pernah erupsi secara berkala atau teratur ditahun 1548 silam dan masih aktif hingga sekarang. Para ahli maupun ilmuwan percaya bahwa kerajaan Hindu Mataram telah diruntuhkan oleh aktivitas gempa dan lava dari erupsi gunung tersebut namun belum dapat menyimpulkan berapa korban tewas pada saat itu. Kejadian erupsi dari gunung merapi juga pernah terjadi pada tahun 2006-2010 lalu.

Sekian informasi mengenai gunung berapi yang dikenal sangat berbahaya didunia dari saya. Semoga info ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu yah guys!!!