Peralatan Terbaik Menguji Mobile Android

Bro and sis apa kalian sudah memiliki mobile Android? Hmm, jika bertanya demikian, jawabannya pasti sudah! Yups, tidak sedikit dari kalian pasti telah mempunyai mobile satu ini, benarkan? Yah, mobile bertaraf Android ini merupakan suatu Peralatan yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berbagai hal ataupun kepentingan. Misalnya, anda dapat mengakses dunia internet, berkomuniksai, bermain game, dan lain sebagainya.

Sedikit penjelasan bahwa Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat mobile (smartphone) dan komputer tablet. Android di era seperti sekarang ini telah berkembang pesat dan menjadi hal Terbaik bagi semua kalangan untuk memilikinya. Menguji Mobile Android dikala anda baru membeli dan mempunyainya adalah salah satu opsi yang sangat tepat buat anda tentukan.

Hal ini diyakini, anda bisa mencari tahu mengenai kualitas Android dan meminimalkan kekacauan perangkat itu sendiri. Yuk langsung saja kita meluncur ke TKP…

1) Selendroid

Ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat pengujian android yang berkonteks pada mobile web, native dan hybrid. Selain itu, Selendroid juga bisa dimanfaatkan untuk perangkat nyata dan emulator. Cara yang cukup sederhana namun dalam sistem pengujiannya anda dituntut wajib mengetahui selenium 2 API (WebDriver). Jika anda ingin mengintegrasi pengujian secara paralel dan berskala, ubahlah node ke grid selenium.

Anda tidak perlu lagi melakukan pemindahan script app saat pengujian android karena JSON (kawat penyambung) yang kompatibel serta mendukung sejumlah gerakan. Oleh sebabnya anda tidak perlu cemas untuk masalah mobile android akan kepanasan.

2) Appium

Appium adalah salah satu alat yang hampir mirip dengan Selendroid dimana bisa digunakan untuk mengotomatisasi perangkat native, mobile web, dan hybrid. Dengan menerapkan bahasa pemrograman berkualitas seperti JavaScript, Java, PHP, C#, Ruby, Python dll). Ini akan memberi anda begitu banyak opsi saat menginstal ataupun mengkonfigurasi layanan untuk menguji mobile android anda.

Nah, buat anda yang telah memahami metode selenium, maka itu dapat lebih mudah dalam menggunakan aplikasi Appium sebab kedua hal ini berkaitan erat dengan WebDriver dan juga DesiredCapabilities.

3) TestFairy

Peralatan satu ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan pengujian android misalnya untuk mengeksekusi sebuah video, memori, jaringan, dan beberapa hal lainnya. TestFairy 100% gratis untuk didownload dan dipergunakan pada saat pengujian mobile android milik anda namun tidak menutup kemungkinan akan dibebani biaya apabila menemukan proyek-proyek besar.

4) UI Automator

Untuk melakukan pengujian android selanjutnya anda juga bisa memakai aplikasi UI Automator dimana peralatan ini menyediakan satu set API serta JUnit 4 yang lebih memungkinkan anda agar cepat membangun dan menjalankan kode uji termasuk pada saat memerlukan informasi.

Dengan aplikasi seperti ini, di perangkat mobile android maka anda bisa melakukan pengujian blackbox, mengambil data kenegaraan, dan lain-lain.

5) Aida64

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengujian android anda. Hal terpenting disini adalah Aida64 memiliki kemampuan dalam memperbaiki jaringan/koneksi internet yang lambat. Selain itu, pengujian perangkat CPU, GPU, dimensi layar, kualitas baterai dan sebagainya dapat anda lakukan dengan penggunaan Aida64.

6) Antutu Benchmark

Antutu Benchmark merupakan sebuah aplikasi yang sejak tahun 2016 sampai sekarang ini makin populer dipergunakan untuk sebagian besar kalangan pengguna smartphone android. Aplikasi ini sangat cocok anda miliki apalagi jika anda ingin berfokus pada kinerja sistem UX, Ram Tes, CPU, 3D dan Prosesor Tes. Kalau saya pikirkan, aplikasi gratis satu ini pasti tidak akan anda lewati bukan?

7) Espresso

Espresso adalah alat pengujian otomatis yang dikeluarkan Google. Dengan menggunakan perangkat API, android anda akan dengan mudah untuk dipelajari dan secara optimal berjalan cepat. Pengujian blackbox juga dapat dilakukan ketika anda memasang aplikasi ini. Bukan hanya itu saja kegunaan Espresso, akan tetapi, mengembangkan UI tes dimana berguna untuk menguji sebuah aplikasi android yang hendak ingin anda download maka menggunakan perangkat ini adalah cara yang cerdas.

8) Speedtest

Ini merupakan alat yang umumnya dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan jaringan/koneksi internet. Tentu anda membutuhkan hal tersebut ketika memiliki smartphone android, benarkan? Nah, aplikasi yang dibangun oleh perusahaan Jepang bernama Ookla ini merupakan tujuan tepat bagi anda yang merasa kesulitan saat tidak stabilnya jaringan internet.

Speedtest menghubungkan perangkat ke server terdekat untuk melakukan pengukuran. Aplikasi ini layak dicoba. Siapa tahu provider diam-diam mengurangi kecepatan paket unlimited anda.

9) MonkeyRunner

Alat ini bisa digunakan untuk anda yang ingin mengotomatisasi fungsional test pada perangkat lunak android. Selain itu, mengambil screenshot, menginstal sepaket aplikasi dan lainnya ternyata juga dapat loh dilakukan hanya dengan penggunaan aplikasi MonkeyRunner sebab ini menggunakan API serta Phyton.

10) Droid Info

Droid Info adalah spesifikasi hardware app untuk Android dengan informasi rinci tentang smartphone anda termasuk perangkat, sistem, memori, kamera, suhu, baterai dan sensor rincian. Anda juga dapat mengekspor laporan lengkap terkait smartphone android.

Nah, itulah sedikit informasi tentang Peralatan Terbaik Menguji Mobile Android. Diatas segalanya, menguji android anda saat pertama kali dan merawat sebaik mungkin adalah jalan yang benar, tepat, cerdas, dan bijaksana. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian ya bro and sis… Terima kasih!!!

 

 

 

Attachment

admin

Seorang penulis blog yang sedang belajar meningkatkan kualitas konten sebaik mungkin untuk dipersembahkan terhadap pembaca setia Utahlotusmuseum. Saya orang yang supel, gak suka digauli tetapi suka menggauli :) Salam dua jempol adalah predikat saya. Makan jadi gendut, gak makan jadi kurus (dua hal yang tidak saya inginkan).