Tanda-Tanda Bahwa Anda Sedang Kekurangan Vitamin B 12

Pernahkah Anda merasa kurang bisa mendapatkan tidur? Jika Anda menjawab “ya”, maka Anda bisa jadi menderita kekurangan vitamin B-12. Vitamin B-12 bertanggung jawabu ntuk produksi sel darah merah yang sehat, fungsi saraf yang sehat dan DNA sintesis. Karena tubuh manusia tidak dilengkapi untuk mensintesis B-12, maka Anda perlu untuk mendapatkannya dari sumber makanan dan suplemen. Sangat penting bahwa Anda menikmati makanan yang kaya vitamin B-12, seperti daging dan produk susu untuk keseluruhan kesehatan dan kesejahteraan Anda. Usia tua, vegetariangangguan pencernaan dan refluks obat-obatan tertentu dan gangguan pencernaan yang umum adalah pemicu kekurangan B-12.

1. Menderita kelelahan

Salah satu gejala dari kekurangan vitamin B-12 yang paling umum adalah kelelahan. Karena vitamin B-12 bertanggung jawab untuk sintesis oksigen, yang akan membawa sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan Anda merasa lelah meskipun Anda mendapatkan istirahat malam yang tenang. Kurangnya aliran oksigen dalam tubuh sama dengan kurangnya energi.

2. Kulit tampak pucat

Jika kulit Anda terlihat pucat, itu bisa jadi Anda sedang kekurang vitamin B-12. Kekurangan vitamin B-12, juga akan menyebabkan sel darah merah dalam tubuh untuk tidak mengalir, sehingga mengakibatkan kulit untuk mengubah tubuh menjadi berwarna kekuningan.

3. Mengalami perubahan suasana hati

Studi menunjukkan bahwa banyak pasien yang melaporkan gejala depresi rendah pada tingkat vitamin B-12. Vitamin B-12 membantu mensintesis mengatur suasana hati, karena senyawa adenosylmethionine yang membantu pengeluaran serotonin, bahan kimia yang menjaga keseimbangan suasana hati.

4. Masalah pada saraf

Gejala lain yang orang sering mengalami akibat rendahnya tingkat vitamin B-12 adalah sakit di tangan dan kaki mereka dan kesemutan. Ini kesemutan dan menyengat yang sering hasil dari oksigen rendah tingkat dalam tubuh (karena kurangnya sel darah merah) yang dimana akan menyebabkan kerusakan saraf.

5. Masalah pencernaan

Rendahnya tingkat vitamin B-12 dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Kekurangan vitamin ini dapat melumpuhkan jaringan otot pada lapisan saluran pencernaan Anda. Dengan demikian dapat menghalangi berfungsinya usus Anda.

6. Menderita kehilangan penglihatan

Vitamin B-12 bertanggung jawab untuk fungsi saraf yang sehat, sehingga kekurangan yang dapat menyebabkan neuropati optik atau kerusakan saraf optik. Hal ini bahkan dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B-12 dalam tubuh juga dapat berkontribusi untuk masalah visi (penglihatan) seperti glaukoma, berkaitan dengan usia degenerasi makula dan katarak.