Tak Diragukan Lagi, Inilah 7 Manfaat Kesehatan Bawang Putih Bagi Yang Mengkonsumsinya

Mungkin anda sudah mengenal apa itu sebenarnya bawang putih? Bawang putih adalah salah satu tanaman dari genus Allium atau umbi-umbian yang memiliki banyak kegunaan. Selain berguna sebagai rempah-rempah dalam masakan, bawang putih juga mempunyai khasiat lainnya terutama untuk kesehatan. Kandungan utama pada bawang putih seperti allicin disinyalir dapat memberikan pengaruh positif untuk kesehatan. Bukan hanya itu saja kandungan yang terdapat di dalam bawang putih melainkan masih ada banyak lagi misalnya vitamin A, natrium, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, vitamin B6, magnesium dll.

Secara keseluruhan, kandungan bawang putih tentu sangat bermanfaat buat kesehatan. Ada berbagai macam kesehatan yang dapat anda rasakan ketika mengkonsumsi bawang putih secara rutin dan dengan pola yang tepat. Berikut akan saya rangkum 7 manfaat diantaranya:

1) Kanker

Tentu semua orang yang hidup di dunia ini ingin menjauhi berbagai penyakit, terutama penyakit yang paling berbahaya dan amat mematikan yakni kanker. Tidak pengen donk anda merasakan penyakit tersebut? Nah, untuk itu cobalah secara rutin mengkonsumsi bawang putih tiap harinya. Bawang putih dipercaya dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh karena mengandung senyawa sulfur bioaktif.

Selain mencegah, bawang putih kalau dikonsumsi dengan rutin maksimal 3 kali sehari juga bakal dapat mengatasi kanker pada seorang penderitanya. Pengkonsumsian bawang putih yang tepat yaitu dilahap mentah sebanyak tiga sampai lima siung, namun harus dicuci dulu agar lebih higienis.

2) Berat Badan

Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan zat anti-inflamasi pada bawang putih diyakini dapat mengelolah dan mengatur lemak dalam tubuh, termasuk lemak jenuh. Mengkonsumsi bawang putih dengan skala yang benar dan tepat akan mengurangi maupun menstabilkan tingkat berat badan secara optimal. Banyak yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan namun yang pastinya mengkonsumsi bawang putih merupakan salah satu solusi ampuh yang bisa anda jalani. Cara yang dianjurkan adalah rebus lima siung bawang putih dengan segelas air, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, dan minum. Lakukan ini per harinya 2 kali.

3) Tekanan Darah

Apa yang akan anda lakukan ketika mengetahui tekanan darah dalam tubuh meningkat? Hmm, pasti langsung pergi ke dokter dan membeli resep obat yang dianjurkan. Boleh sih, tapi apakah tidak ada cara lain selain dengan cara tersebut? Ya, tentu ada. Mengkonsumsi bawang putih sebagai jawabannya. Perlu anda ketahui bahwa kandungan polisulfida yang terdapat pada bawang putih mampu mengendalikan tekanan darah bagi si penderitanya. Hal ini diyakini lewat sebuah riset yang dilakukan oleh Jurnal Ilmiah Maturitas dimana menyatakan kandungan polisulfida akan membantu mengatasi dan mencegah sistem pumbuluh darah agar terbuka, dan tentunya dapat menghindari tekanan darah yang berlebihan. Jika anda berkenan melakukan treetment ini, cobalah secara rutin mengkonsumsi tiga siung bawang putih mentah usai bangun tidur (pagi hari).

4) Jantung

Selain kanker, jenis penyakit lainnya yang juga sangat berbahaya dan dapat mematikan seseorang adalah penyakit jantung. Jelas penyakit ini ingin anda hindari bukan? Nggak ada orang yang mau terkena penyakit seperti itu… Nah kalau begitu, hal apa yang sebaiknya anda lakukan untuk mencegahnya terjadi kepada anda? Sebagai jawabannya yaitu mengkonsumsi bawang putih dapat anda terapkan sebelum penyakit itu beranjak ke tubuh anda. Masih nggak percaya??? Biar anda yakin dengan pernyataan saya terkait pencegahan penyakit jantung dengan konsumsi bawang putih, maka saya landaskan pada sebuah penelitian dari Journal of Nutrition yang menyebutkan bahwa bawang putih mentah mampu mengurangi indikasi penumpukan plak di arteri koroner dimana itu adalah pembuluh darah yang berfungsi sebagai pemompa darah ke jantung. Lantas bagaimana caranya? Anda cukup mencuci bersih dua siung bawang putih yang dikupas kulitnya, kemudian kunyah perlahan dan habiskan. Terapkan ini minimal 2 kali sehari..

5) Kekebalan Tubuh

Melansir dari laman Boldsky.com, makan satu siung bawang putih di pagi hari terutama pada saat perut masih kosong akan sangat baik untuk kesehatan anda. Kandungan antioksidan alami bawang putih disinyalir mampu membantu dalam memusnahkan sejumlah bakteri jahat sehingga sistem kekebalan tubuh secara perlahan segera meningkat. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh dapat berdampak positif terhadap pengurangan berbagai macam penyakit umumnya seperti flu, pilek, batuk maupun demam sekalipun.

6) Otak

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Neurochemistry mengatakan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine dan antioksidan dalam bawang putih dipercaya bisa berguna untuk menjaga fungsi otak dari berbagai kerusakan kognitif. Senyawa tersebut akan bekerja dalam mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya di sistem saraf pusat (otak). Hal ini sangat baik dikonsumsi bagi orang yang mulai beranjak tua, dan tak menutup kemungkinan juga baik dilakukan terhadap usia muda, terutama anak-anak. Caranya, cukup makan dua siung bawang putih mentah per harinya, tambahkan madu sebagai perasa agar tidak muntah (untuk anak-anak).

7) Sistem Pencernaan

Bawang putih memiliki kandungan serat yang tinggi dan cukup baik untuk sistem pencernaan. Dalam hal ini, mengkonsumsi minimal satu siung bawang putih per hari diyakini dapat membantu melancarkan pencernaan. Pencernaan yang terjaga senantiasa akan menghindari anda dari berbagai masalah seperti diantaranya mencegah diare, mual-mual, sembelit, dan juga wasir.

Yah, demikianlah penyampaian saya perihal artikel 7 Manfaat Kesehatan Bawang Putih yang sangat baik untuk anda nikmati dalam pola pengkonsumsian teratur dan anjuran yang tepat. Dari penyampaian saya diatas, tak diragukan lagi akan khasiat bawang putih bagi kita semua ketika mengkonsumsinya. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat berarti untuk kita sekalian. Sekian dulu dan terima kasih atas perhatiannya…

Attachment

admin

Seorang penulis blog yang sedang belajar meningkatkan kualitas konten sebaik mungkin untuk dipersembahkan terhadap pembaca setia Utahlotusmuseum.

Saya orang yang supel, gak suka digauli tetapi suka menggauli :) Salam dua jempol adalah predikat saya. Makan jadi gendut, gak makan jadi kurus (dua hal yang tidak saya inginkan).