Terkuaknya Fakta Tersembunyi Dari Seorang Fidel Castro

Fidel Castro yang terlahir dengan nama lengkap Fidel Alejandro Castro Ruz adalah seorang presiden negara Kuba yang pernah menjabat bangku kepresidenan dari tahun 1976 hingga 2008. Ia juga tercatat sebagai salah seorang presiden Kuba terlama yang pernah menduduki “kursi panas” tersebut.

Nama Fidel Castro baru-baru ini sempat santer terdengar dikalangan publik dikerenakan berita kematian yang dialaminya. Banyak pemberitaan dari media lokal maupun non lokal bahkan media sosial yang mengabarkan berita duka tersebut, sebab dimasa kehidupannya, Fidel Castro dikenal sebagai sosok presiden Kuba yang penuh dengan hal-hal kontroversial dan tak kenal takut akan tentangan dari para komunis Barat.

Fidel Castro meninggal dunia pada tanggal 25 November 2016 diusia 90 tahun dengan penyebab yang tidak terpublishkan. Presiden Kuba yang saat ini menjabat yaitu Raul Castro sekaligus juga adik kandung dari Fidel Castro adalah orang yang pertama kali mengumumkan berita duka tersebut dan dimana Raul Castro juga mengumumkan hari berkabung nasional selama 9 hari untuk mengenang wafatnya Fidel Castro.

Terlepas dari itu, mari kita lihat dan bahas sejumlah fakta tersembunyi yang ada pada diri Fidel Castro. Check this out…

1. Fidel Castro “Ngefans” Dengan Ernest Hemingway

Ernest Hemingway adalah seorang penulis novel, pengarang cerpen sekaligus wartawan asal negara Amerika Serikat. Ia dikenal memiliki gaya penulisan dalam berbagai wacana karangannya yang sangat khas yaitu singkat dan minimalis dari keadaan sebenarnya. Karya sastra serta karakteristik penulisan ini juga membuat almarhum Fidel Castro senang sekali membaca buku keluaran dari Ernest Hemingway bahkan baru-baru ini telah terkuak bahwasannya sang mantan presiden Kuba Fidel Castro sangat ngefans terhadapnya.

2. Perdana Menteri Termuda

Fidel Castro merupakan salah seorang Perdana Menteri asal negara Kuba yang pernah berkuasa sejak usia muda dan terlama dikawasan Amerika Latin setelah mendapatkan kontrol dari pemerintahan Kuba diusia 32 tahun yang pada saat itu Jose Miro Cardona selaku terdahulunya mengundurkan diri tanpa sebab yang tidak diketahui.

3. Pernah Dipenjara

Seorang presiden pada umumnya sangat terlindungi oleh hukum maupun tuntutan pemenjaraan. Namun, itu tidak berlaku untuk seorang mantan presiden Kuba yang satu ini dimana Fidel Castro ternyata juga pernah dihukum penjara selama 15 tahun akibat aksi nekadnya dikala ia berusia muda dengan ikut serta dalam serangan Barak Moncada pada tahun 1953.

4. Sahabat Soekarno

Siapa sih yang tidak mengenal nama Soekarno? Sang presiden sekaligus proklamator bangsa Indonesia ini ternyata tidak hanya terkenal diantero negara besar lainnya saja, melainkan juga merupakan salah seorang sahabat dekatnya dari mantan presiden Kuba yakni Fidel Castro.

5. Terancam Pembunuhan

Fidel Castro merupakan seorang presiden Kuba yang sangat berani dan tak kenal takut sedikit pun walaupun dirinya pernah terancam pembunuhan hingga 600 kali selama masa jabatannya sebagai presiden Kuba. Tidak hanya itu saja, “pembunuhan karakter” seorang Fidel Castro juga pernah dialaminya dari berbagai kalangan yang tak menyukai gaya kepemimpinannya. Namun, barkat keteguhan dan kesabarannya ia berhasil bertahan hingga masa jabat berakhir ditahun 2008.

6. Pernah Melarang “The Beatles”

The Beatles adalah sebuah grup band bergenre rock asal negara Inggris yang memiliki popularitas sangat memumpuni secara komersial maupun bagi para pencinta musik rock dunia. Namun, taukah kamu bahwasannya seorang Fidel Castro dikenal anti-grup band yang satu ini? Nah, pernyataan ini sangat tepat dimana pada tahun 1964 semasa jabatannya, Fidel Castro pernah melarang grup band The Beatles untuk melakukan konser, menjual kaset album, bahkan memutar musik The Beatles di perbatasan negara Kuba tanpa sebab yang begitu jelas. Namun ada juga beredar kabar dari beberapa sumber yang meyakini hal tersebut dikarenakan adanya rasa takut dalam persaingan import kaset maupun ketenaran yang dimiliki The Beatles akan meruntuhkan images para musisi di negara Kuba.

7. Tidak Mau Bercukur Jenggot

Menurut sejumlah sumber yang ada, Fidel Castro sangat merawat keutuhan jenggot dan tidak mau mencukurnya sama sekali. Hal ini dikarenakan, seorang Fidel  Castro yang meyakini bahwasannya jenggot tersebut merupakan sebuah lambang dari terjadinya revolusi Amerika Latin yang baru serta menganggap itu adalah sebuah fashion yang disukainya. Yang lebih wownya lagi, ia pernah menyatakan “Lebih baik menyimpan uang yang akan dipergunakan buat mencukur jenggotnya itu untuk menangani masalah-masalah mendesak negara daripada untuk mencukur jenggotnya tersebut”.

8. Berpidato Terlama Di PBB

Fidel Castro pernah tercatat sebagai salah seorang presiden yang memiliki waktu terlama dan terpanjang saat melakukan pidato dihadapan para petinggi PBB dengan durasi waktu 4 jam 29 menit membicarakan berbagai topik secara menggebu-gebu.

Nah, itulah sejumlah penyampaian fakta yang berhasil terkuak dari sosok Fidel Castro berdasarkan himpunan berbagai sumber yang ada. Demikian halnya, saya khan anil selaku penulis web memohon maaf bila ada salah kata dalam penulisan artikel ini. Sekian dan terima kasih 😉