Serunya Blog Artis

Tengah minggu kemarin, saya sedang membaca Tabloid Nova (edisi No. 1048/XXI, dengan headline Mayangsari) yang dibeli oleh ibunda saya. Saat asik membuka-buka halaman demi halaman tabloid itu, tiba-tiba saya membaca sebuah artikel yang membuat saya nyengir lebar. Artikel itu berjudul Serunya Blog Artis, Dari Tepis Gosip Sampai Pencitraan Diri.

Ya, artikel tersebut menceritakan fenomena blog artis yang saat ini sudah mulai bermunculan, yang sebelumnya juga sudah diceritakan di sini, yaitu Dian Sastrowardoyo, Maia Estianty, Wulan Guritno, dan Angelina Sondakh.

Di artikel tersebut (sayangnya saya tidak mendapatkan artikel onlinenya) mereka menceritakan keasikan mereka ngeBlog. Salah satunya adalah karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan penggemar. Mereka sendiri bahkan seneng dan surprised banget saat punya blog dan dikunjungi oleh banyak penggemar mereka. Baca saja gimana hebohnya mereka di sini dan sini.

Selain itu, bagi Maia, blog itu menjadi tempat yang baik untuk berbagi perasaannya saat menghadapi berbagai ujian hidup kepada penggemarnya. Dia merasa sangat plong bisa curhat langsung, juga merasa terhibur dan ditemani banyak orang saat curhatannya itu mendapat banyak respon. Kalo curhat di infotainment, artis kan nggak bisa mendapat respon yang sebenernya dari penggemarnya. Kalo di blog, wah, responnya bejibun..

Bagi Angelina Sondakh, blog-nya dimanfaatkan sebagai diari pribadi, pencitraan diri, serta transparansi kegiatannya sebagai anggota DPR. Sayang, sudah lamaaa sekali blog-nya tidak di-update..

Kita perlu angkat topi setinggi-tingginya bagi BlogDetik yang memiliki inisiatif mengajak para artis untuk membuat blog. Tidak hanya mengajak, BlogDetik juga memberi tahu manfaat blog kepada para artis tersebut. Belum berhenti sampe di situ, BlogDetik bahkan memberi pelatihan singkat tentang cara menulis blog, tujuannya agar para artis tersebut bisa mengoperasikan blog-nya sendiri.

Tercatat ada beberapa artis yang sudah membuat blog-nya di BlogDetik (walaupun tidak semuanya rutin di-update, bahkan beberapa yang baru posting satu tulisan saja), seperti: Adri Soebono, Ussy Sulistiowati, Acha Septriasa, Idea “Marvells” Fasha,  Trio Macan, dan Matta Band. Mungkin saja nantinya akan ada selebritis baru yang berhasil diajak untuk ngeBlog oleh BlogDetik, daftar lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kita juga perlu memberikan penghargaan bagi Tabloid Nova, juga media-media cetak atau elektronik lainnya yang telah memperkenalkan dan menyebarluaskan aktivitas positif yang bernama ngeBlog ini. Bagaimanapun juga, meski jumlah blogger Indonesia bertambah pesat seperti saat ini, jumlah tersebut masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah konsumen media cetak atau elektronik. Oleh karena itu, salah satu cara paling efektif untuk mengajak orang ngeBlog tetaplah lewat media-media tersebut.