Susunan Planet Yang Ada Di Tata Surya

Tata surya adalah seluruh kumpulan benda-benda langit yang terdiri atas bintang, bulan dan matahari dengan semua objek memiliki gaya gravitasinya masing-masing. Objek yang ada di tata surya ini disebut dengan planet.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Susunan Planet Yang Ada Di Tata Surya berdasarkan letak dan urutan terdekat hingga terjauh dari planet yang kita singgahi saat ini yaitu Bumi. Check this out…

1) Merkurius

Merkurius adalah sebuah planet yang sangat dekat dengan matahari (bumi) dan salah satu planet terkecil diantara jumlah planet lainnya. Jarak planet ini dengan matahari hanya berkisar 57.909.227 km dengan massa 0,005. Planet Merkurius sering disebut dengan “Bintang Senja dan Bintang Pagi” karena dapat terlihat pada waktu subuh (pagi) atau maghrib (petang) dari bumi. Merkurius terdeteksi tidak memiliki satelit yang dimana bumi miliki seperti bulan.

2) Venus

Planet kedua yang digandang-gandang sebagai planet terdekat dengan matahari (bumi) yakni Venus. Venus juga tercatat merupakan salah satu planet “terpanas” diantara planet-planet lainnya dengan suhu mencapai 400 °C yang diyakini karena adanya jumlah kandungan gas didalam atmosfer dengan dugaan atmosfer ini berasal dari gunung berapi yang ada disana. Planet Venus hanya berjarak 108.209.475 km dengan matahari yang memiliki massa 0,815.

Planet Venus sering disebut dengan Bintang Fajar, Bintang Timur maupun Bintang Kejora ini sama halnya dengan planet Merkurius yaitu tidak memiliki sebuah satelit pribadi sama sekali.

3) Bumi

Bumi adalah salah satu planet yang saat ini banyak ditinggali atau dihuni beragam mahkluk hidup, saya dan kamu diantaranya. Diperkirakan, usia dari planet Bumi telah mencapai 4,6 miliar tahun hingga saat ini. Jarak bumi dengan matahari berkisar 149.6 juta km dengan massa 5,9722 yang memiliki sebuah satelit pribadi yakni bulan.

4) Mars

Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari dan berdasarkan letak tata surya yang ada. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai “Planet Merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan yang disebabkan adanya karat tanah yang mengandung karbon dioksida. Planet Mars juga tercatat mempunyai 2 satelit yakni Phobos dan Deimos.

Jarak Planet Mars dengan Matahari adalah 247,1 Juta km dengan waktu rotasi selama 25,62 jam dan revolusinya selama 687 hari.

5) Yupiter

Yupiter adalah sebuah planet terbesar diantara planet-planet lainnya berdasarkan letak tata suryanya. Planet ini juga tercatat memiliki kandungan atmosfer seperti hidrogen dan helium. Sejauh yang diketahui dan berdasarkan hasil temuan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610, Yupiter memiliki 67 buah satelit pribadi diantaranya Ganymede, Callisto, Io, Europa, dan lain sebagainya. Planet Yupiter memiliki jarak orbit sekitar 778.340.821 km dengan massa 1,8981 terhadap matahari.

6) Saturnus

Saturnus juga merupakan sebuah planet di tata surya yang dikenal dengan sebutan “planet bercincin” dikerenakan bentuk terluar planet menggambarkan lingkaran atau bulatan yang mengelilingi planet tersebut. Planet ini juga termasuk planet terbesar kedua yang ada di tata surya setelah Yupiter. Planet Saturnus memiliki jarak orbit terhadap matahari berkisar 1.426 juta km dengan waktu rotasi 10.7 jam. Titan dan Enceladus merupakan dua buah satelit besar yang dimiliki Saturnus diantara ke-60 satelit-satelit Saturnus lainnya yang belum ternamai hingga saat ini.

7) Uranus

Uranus adalah sebuah planet yang berjarak 2.870.658.186 km dengan massa rotasi 0,718 hari terhadap matahari. Planet ini juga tercatat memiliki 27 unit satelit yang telah diketahui dan diantara itu ada beberapa satelit terbesar yakni Titania, Oberon, Umbriel, Ariel, dan Miranda yang terdapat di planet Uranus.

8) Neptunus

Neptunus merupakan planet terluar dan terjauh yang berada diurutan kedelapan setelah Uranus jika ditinjau dari kejauhan matahari. Jarak orbit Neptunus dengan matahari sekitar 4.498.396.441 km yang memiliki periode rotasi 0,671 hari. Neptunus juga tercatat pemilik 8 buah satelit yang diantaranya termasuk satelit terbesar seperti Triton, Nereid dan Proteus lalu sisa lima satelit lainnya belum ternamai hingga saat ini.

Nah, itulah kedelapan planet yang ada di tata surya berdasarkan letak terdekat dan terjauhnya dari jangkauan matahari (bumi). Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna buat kamu yah. Sekian : )