Mitos Tentang Seorang Ibu Menyusui

Menyusui atau memberi ASI adalah suatu kegiatan dimana seorang ibu harus memberikan asupan susu dipayudara agar anak bayinya merasa kenyang. Selain itu, asupan ASI juga akan membantu bayi mendapatkan nutrisi harian dengan tepat. Namun, apakah Anda tahu bahwa menyusui juga memiliki beberapa mitos? Baca dibawah ini mengenai mitos tersebut.

1. Ketidaknyamanan

Menurut beberapa mitos yang telah berkembang, seorang ibu yang menyusui dapat memiliki rasa ketidaknyaman pada dirinya. Mengapa? Menurut pendapat dari beberapa wanita sekarang ini, hal yang dimaksudkan dengan rasa ketidaknyaman itu adalah repot-repot dengan harus mengeluarkan payudara.

2. Rasa sakit

Mitos yang kedua ini hampir sama halnya dengan bagian ketidaknyaman. Menurut mitos yang ada, menyusui dapat mengakibatkan puting susu payudara seorang ibu terasa sakit dan bengkak.

3. Berat badan

Menurut mitos yang ada, seorang ibu akan mengalami peningkatan berat badan pasca melahirkan bayinya dan terlebih lagi ketika langsung menyusui.

4. Dehidrasi

Mitos ini mungkin sedikit konyol bagi Anda seorang ibu yang sedang menyusui. Menurut mitos dari suku pedalaman di Thailand, seorang ibu yang memberikan ASI akan kekurangan asupan air mineral dengan kata lain dehidrasi.

5. Sistem kekebalan tubuh

Adapun mitos kelima yang dikonfirmasi dari Dunia Kedokteran di Negara Amerika Serikat pada tahun 1963 mengatakan, seorang ibu yang menyusui akan mempengaruhi dampak negatif pada sistem kekebalan tubuhnya, yang dimana ini akan membuat mudah masuknya berbagai infeksi atau bakteri pada tubuh sehingga ibu tersebut dapat mengalami banyak masalah gangguan kesehatan.

6. Mual, muntah dan diare

Seorang ibu yang menyusui bayinya akan sering mengalami rasa mual dan muntah. Tidak hanya itu saja, namun juga dapat membuat mereka sering mengalami diare. Itu menurut mitos yang telah berkembang di Negara Vietnam.

7. Martabat

Menurut keyakinan atau mitos yang berkembang di Negara Meksiko, seorang ibu yang menyusui bayinya akan kehilangan martabat mereka. Ini diyakini lantaran tampaknya payudara ketika seorang ibu menyusui bayinya dan dapat terlihat oleh orang lain.

Secara garis besar, 7 hal diatas hanyalah sekedar mitos belaka. Dan menurut kesimpulan dari beberapa penelitian pada saat ini mengatakan bahwa seorang ibu yang menyusui malah mengalami hal sebaliknya dari mitos-mitos yang telah ada. Jadi bagi Anda, jangan takut bilamana Anda telah melahirkan seorang bayi untuk selalu dapat menyusui.