Mencegah Dan Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat menjadi hal yang paling mengganggu pada diri kita. Tidak enak makan atau minum dapat terjadi jika kita sedang mengalami sakit tenggorokan. Ada beberapa penyebab mengapa sakit tenggorokan dapat timbul. Masuknya bakteri pada tenggorokan, merokok, kurang minum air, dan alergi adalah penyebabnya.

Jika Anda sedang mengalaminya atau ingin mencegahnya, ikuti tips yang akan kami berikan kepada Anda dibawah ini.

1. Asupan cairan

proper-intake-of-fluids1

Asupan cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Asupan cairan yang tepat juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan. Selain itu, jika Anda mengkonsumsi banyak cairan dalam sehari-hari, maka itu akan mencegah dan mengatasi sakit tenggorokan. Perlu dicatat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman/cairan yang dingin (mengandung es batu). Anda cukup mengkonsumsi air putih (8-10 gelas perharinya). Bila perlu, buatlah segelas smoothie dengan menggunakan bahan buahan atau sayuran hijau, masukan madu sebagai penambah rasa manis (bukan gula).

2. Menghindari merokok

avoid-cigarette-smoking

Seperti yang telah dibahas saat awal pembukaan artikel ini, merokok dapat mengakibatkan sakit tenggorokan. Jika Anda ingin mencegah atau menghindari rasa sakit ini, jauhkanlah rokok. Jika Anda sudah terlanjur menjadi seorang perokok aktif, ada baiknya Anda hentikan sejenak dari ketagihan merokok jika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan. Jika Anda dalam kondisi sakit tenggorokan, dan masih membandel untuk merokok, maka itu akan berakibat fatal terhadap diri Anda. Kanker tenggorokan akan mengahampiri diri Anda. Minum banyak air putihlah segera.

3. Asupan bergizi

mineral-and-diet1

Asupan gizi yang tepat sangat membantu Anda menghindari bahkan mengatasi rasa sakit tenggorokan. Banyak bahan yang dapat Anda konsumsi dan mengandung gizi tinggi. Buah-buahan dan sayuran hijau dapat menjadi pilihan alternatif dalam menemukan asupan bergizi. Dalam kasus ini, Anda sangat memerlukan asupan berupa kandungan vitamin C, dan vitamin E. Dalam bentuk buah, Anda dapat mengkonsumsi jeruk, apel, pir, pepaya, mentimun, dan semangka. Dalam bentuk sayuran, Anda dapat mengkonsumsi bayam, asparagus, selada, dan wortel.

4. Madu alami

honey

Madu alami juga dapat Anda gunakan sebagai bahan dalam mencegah atau mengatasi sakit tenggorokan. Madu alami dikenal dengan kandungan vitamin C, vitamin D, fosfor, dan kalium. Kandungan inilah yang bekerja dalam menjaga sehat tenggorokan Anda. Cukup dengan secara teratur mengkonsumsi segelas air hangat, campurkan tiga sendok makan madu alami, dan minum. Sakit tenggorokan akan segera reda dan secara teratur pula mencegahnya datang kembali.