Masih Heran Mengapa Obat Kapsul Punya 2 Warna Berbeda? Yuk Kita Cari Tahu

Salam hangat pemirsa UtahlotusLovers, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga dalam keadaan sehat dan Tuhan selalu menyertai. Nah, pada kesempatan kali ini saya bakal menuliskan artikel berjudul Mengapa Obat Kapsul Punya 2 Warna Berbeda? Mungkin penulisan ini akan sangat berguna dalam menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar hal tersebut.

Tidak sedikit orang awam yang masih bertanya-tanya mengapa obat kapsul memiliki 2 cangkang dengan warna berbeda, padahal khasiatnya sama. Meski hal ini dianggap kurang penting bagi sebagian orang, namun tidak ada salahnya juga kan untuk anda yang penasaran mengapa kapsul punya 2 warna beda.

Obat Kapsul

Obat kapsul adalah bentuk lain dari obat yang berisi zat tertentu serta telah terbungkus cangkang keras dan lunak. Obat kapsul dengan sengaja digagas oleh para ahli farmasi dunia agar memudahkan si pengkonsumsi menelan dan menghindari rasa pahit obat tersebut. Jadi sewaktu ditelan rasanya tawar, tidak terasa pahit kayak yang ada pada obat berbentuk puyer ataupun tablet.

Dengan demikian, penggunaan obat kapsul amat penting untuk mengatasi berbagai gejala yang bisa menimbulkan penyakit. Ini sama halnya dengan mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka dan lain sebagainya. Ingat kata pepatah “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”.

Yah, sebelum kita membahas lanjut perihal topik yang akan saya ulas, mari mengenal Perbedaan Obat Kapsul Keras dan Lunak terlebih dahulu yuk!

Kapsul keras:

  • Terdiri dari dua bagian tutup tubuh,
  • Tersedia dalam bentuk kosong,
  • Umumnya berbentuk serbuk,
  • Hanya ada satu macam terkait bentuknya.

Kapsul lunak:

  • Elastis,
  • Bentuk yang bervariasi,
  • Pada umumnya diisi dengan cairan, pasta dan suspensi;
  • Bukan dalam keadaan kosong,
  • Terbuat dari bahan seperti glatin lunak, gliserin dan alkohol polipaten serta sortibel agar tambah elastis.

Mengapa Obat Kapsul Punya 2 Warna Berbeda?

Jika anda bertanya demikian, maka mengetahui bagaimana obat kapsul itu diproduksi adalah sebuah cara yang tepat.

Dalam beberapa penelitian oleh para ahli menyebutkan bahwa ada dua bagian pada kapsul yang tidak berukuran sama. Salah satunya tampak lebih besar daripada satunya lagi. Ya, jika anda mengamatinya cukup dekat, bagian yang besar mempunyai isi lebih banyak ketimbang yang kecilnya. Hal ini jelas menunjukkan bahwa yang besar disebut dengan wadah, sedangkan kecilnya sebagai penutup.

Walau kedua bagian tersebut dapat berfungsi sebagai wadah, namun secara umum bagian besar tetap dianggap sebagai wadah dan sebaliknya yang kecil penutupnya. Nah, ketika pengisian berlangsung, bagian wadah ditempatkan dibawah dan/atau dalam mesin dimana wadah tersebut akan diisikan serbuk obat sampai penuh, lantas ditutup dengan bagian kecilnya.

Warna yang berbeda pada kapsul berfungsi sebagai penanda bagian utama ataupun tutup kapsul itu sendiri.  Meski dari luar ukurannya terlihat sama, namun kaplet atau kemasan luar kapsul ternyata memiliki ukuran yang berbeda. Bagian yang lebih luas akan menjadi wadah atau tempatnya, sedangkan bagian yang lebih kecil akan menjadi tutup kapsul.

Pembagian warna tersebut akan mempermudah dalam proses pembuatan obat ataupun suplemen lain yang dibuat dalam bentuk kapsul. Selain memudahkan produsen, perbedaan warna tersebut dapat meningkatkan efisiensi dalam proses produksi. Saat diproduksi, nantinya bagian kapsul yang sudah diberi isian dapat segera ditutup dengan bagian kapsul lain yang berlainan warna.

Dan ternyata, dua warna pada kapsul ini sudah terbukti dapat meningkatkan daya tarik pada anak-anak. Selain bermanfaat bagi konsumen, hal ini juga bermanfaat pula bagi para produsen kapsul. Warna yang berbeda menjadi salah satu branding produk yang membedakannya dengan produk kapsul dari kompetitor. (end)…

Yaps, demikianlah penyampaian saya terkait mengapa obat kapsul punya 2 warna berbeda. Semoga informasi ini dapat dipahami, menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Sumber: allindiaroundup.com

Attachment

admin

Seorang penulis blog yang sedang belajar meningkatkan kualitas konten sebaik mungkin untuk dipersembahkan terhadap pembaca setia Utahlotusmuseum.

Saya orang yang supel, gak suka digauli tetapi suka menggauli :) Salam dua jempol adalah predikat saya. Makan jadi gendut, gak makan jadi kurus (dua hal yang tidak saya inginkan).