Malam Awal Ramadhan 2017, Kans Anda Untuk Melihat Bintang Sirius

Apakah anda sudah mengenal yang dimaksud dengan Sirius? Pernah mendengar namun belum mengetahui apa itu sebenarnya Sirius! Yaps, sedikit penjelasan dari saya bahwa Sirius adalah bentuk lain dari bintang yang tampak amat terang dilangit dengan magnitudo -1.47 dan dapat dilihat dari bumi pada saat malam hari. Sirius berada di rasi bintang Canis Major, diantara susunan planet tata surya yang memiliki sistem bintang berganda dengan dua komponen yaitu Sirius A dan Sirius B. Kedua bintang tersebut dapat dilihat di hampir seluruh permukaan bumi, kecuali bagian Utara diatas lintang 73,284°.

Sirius A adalah bintang pertama yang memiliki kelas spektrum A0 atau A1 dengan massa orbit 2,1 terhadap matahari, sedangkan Sirius B merupakan bintang yang sudah berevolusi terhadap matahari. Letak perbedaan diantara kedua Sirius tersebut yakni Sirius A dapat dilihat hampir di semua permukaan bumi dan saat terbaik untuk melihat bintang ini adalah pada tanggal 1 Januari dimana tepat berada diatas langit pada pukul dua belas malam. Berbeda dengan pasangannya, Sirius B sangatlah redup sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang meskipun dalam kondisi langit yang cerah di malam hari.

ardiansyah.com

Namun, pada Malam Awal Ramadhan 2017, Kans Anda Untuk Melihat Bintang Sirius sangat terbuka. Bintang Sirius diperkirakan akan tampak dan terlihat dari bumi pada hari Jumat (26/5/2017), petang nanti.

Akan tetapi sangat disayangkan, pada penampakan bintang Sirius kali ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, terkecuali melalui penggunaan teleskop.

Sirius punya arti penting dalam Islam. Bintang itu disebut dalam Al Quran surat An Najm sebagai Syiraa dan dipercaya menyertai Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Dalam sejarahnya nama bintang ini memiliki beberapa nama seperti dalam bahasa Yunani disebut Σείριος (Seirios, yang berarti “menyala-nyala” atau “amat panas”), dalam bahasa Latin disebut Canicula (“anjing kecil”) dan dalam bahasa Arab disebut aš-šyi‘rā (الشعرى)  dalam astronomi Islam, dimana nama alternatif Al Shira diturunkan.

Sistem orbit bintang ini mengelilingi satu sama lain membentuk busur panah ganda. Lama satu siklus orbit bintang ini adalah 49,9 tahun. Angka ini disahkan oleh jurusan astronomi di Universitas Harvard, Ottawa dan Leicester.

Hal yang menarik untuk dikaji dari bintang Sirius atau Syi’ra merupakan satu-satunya nama bintang selain matahari yang disebutkan dalam Al Quran pada surat An Najm.

dan bahwasanya Dialah yang Tuhan (yang memiliki) bintang syi’ra. (QS. An Najm, 49)

Namun ada yang menarik pada ayat sebelumnya di surat yang sama, yaitu sebagai berikut:

maka jadilah dia dekat dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). (QS. An Najm, 9)

Usai senja, Jupiter akan menampakkan diri. Planet terbesar di tata surya itu akan tampak cukup terang, magnitudo -2.28 sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang.

Jupiter akan tampak sepanjang malam, mulai selepas senja hingga waktu sahur. Semakin malam, posisi planet itu semakin ke arah barat.

Saturnus, planet yang lebih redup juga akan hadir. Namun, karena jaraknya yang jauh, planet ini tampak sangat redup sehingga harus diamati dengan teleskop.

Tepat setelah sahur, Venus akan menempatkan diri. Menurut simulasi Stellarium, planet itu akan tampak dengan magnitudo -4.36. Jadi, sangat bisa dilihat dengan mata telanjang.

Venus pun punya peran dalam Islam. Dalam Al Quran, dikisahkan Nabi Ibrahim. Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, bintang itu sebenarnya planet Venus.

Selain penampakan planet, Ramadhan kali ini juga akan dihiasi fenomena menarik lain. Salah satunya, matahari akan tepat berada di atas Ka’bah.

Nah, itulah sedikit informasi terkait Malam Awal Ramadhan 2017 dimana akan menampakan sejumlah fenomena di muka bumi termasuk bintang Sirius.

Sekian dan terima kasih. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa…

Sumber: Kompas dan Ardiyansyah

Attachment

admin

Seorang penulis blog yang sedang belajar meningkatkan kualitas konten sebaik mungkin untuk dipersembahkan terhadap pembaca setia Utahlotusmuseum.

Saya orang yang supel, gak suka digauli tetapi suka menggauli :) Salam dua jempol adalah predikat saya. Makan jadi gendut, gak makan jadi kurus (dua hal yang tidak saya inginkan).