Inilah Penemuan Buaya Terbesar Didunia

Buaya adalah salah satu jenis hewan reptil yang memiliki tubuh relatif cukup besar. Buaya atau crocodile umumnya hidup diperairan namun terkadang adakalanya buaya juga dapat terlihat di darat-perhutanan. Lebih tepatnya, buaya dapat bernafas hidup didua alam atau tempat berbeda. Buaya juga termasuk kedalam spesies aligator, kaiman, dan gavial yang merupakan sekelompok teman atau kawanan buaya. Hakikatnya, buaya dapat memangsa ikan-ikan kecil, ayam atau jenis unggas lain untuk dilahapnya.

Kemungkinan besar, kita pasti sudah pernah melihat sejumlah buaya bukan? Yah jelas donk!!! Saat ini banyak buaya yang di tempatkan atau dikandangkan untuk dapat dilihat & ditonton masyarakat. Namun, pernahkah terbayang olehmu ada sejumlah buaya terbesar didunia yang berhasil ditemukan??? Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar atau mengetahuinya namun untuk memperjelas kembali, kamu dapat membaca dan menyimak artikel berikut ini…

A. Lolong

th-70th-71

Lolong adalah salah satu buaya terbesar didunia yang ditemukan di Bunawan, Filipina pada 13 September 2011 lalu. Buaya ini pertama kali ditemukan oleh seorang zoologist bernama Ernesto “Lolong” Goloran Cañete yang memang sengaja ingin menangkap buaya tersebut. Buaya “Lolong” itu sendiri diambil dari samaran nama sang zoologist. Butuh waktu selama 21 hari untuk memburu dan menangkap buaya lolong. Saat tertangkap, buaya lolong berhasil dinaikkan dari perantaran sungai dengan bantuan warga lokal yang berjumlah puluhan orang. Seorang ahli bernama Dr. Adam Britton berasal dari Australia pun ikut “turun tangan” untuk membius buaya lolong tersebut. Pada saat itu pula, buaya lolong mulai diukur panjang dan bobot tubuhnya. Panjang 6,17 m dan bobotnya 1,075 kg itulah pengukuran dari sang ahli. Demikian halnya, Guinness World Record mencatat bahwa “lolong” merupakan salah satu buaya terbesar didunia. Buaya lolong juga disangka menjadi dalang kematian dari seorang nelayan dan anak kecil asal Filipina. Hal ini terbukti dikala ahli menemukan “sepotong” kepala manusia didalam rongga tubuh buaya tersebut. *Catatan: Penemuan kepala manusia tersebut ditemukan 10 Februari 2013 setelah buaya lolong dinyatakan tewas akibat sakit yang dideritanya!!!

B. Cassius

th-72th-73th-74

Jenis buaya terbesar didunia lainnya yakni cassius. Buaya cassius ditemukan pertama kali di perairan sungai Adelaide, Northern Territory, Australia pada akhir tahun 2015 lalu. Buaya ini sendiri telah menjadi “buruan” disebabkan sering mengganggu dan menyerang perahu yang sedang melintas diperairan sungai tersebut. Saat berhasil tertangkap, buaya cassius lalu diukur dengan memiliki panjang 5,48 m dan berat 968 kg. Sekarang ini, buaya cassius sudah berada di salah satu tempat penangkaran Marineland Melanesia on Green Island, Australia.

C. Gustave

th-75th-77th-76

Gustave? Hmm, ini bukan berarti seorang manusia ya!!! Akan tetapi, Gustave merupakan salah satu buaya yang dikenal memiliki bobot tubuh “besar” didunia. “Gustave” berasal dari nama Patrice Faye. Patrice Faye adalah seorang herpetologi yang mempelajari ilmu biologi mengenai hewan reptilia dan amfibia. Buaya Gustave sendiri pertama kali ditemukan di sungai Nil-Berundi, Afrika Tengah. Panjang tubuhnya sekitar 6,7 meter dengan bobot mencapai 1,3 ton. Demikian halnya, buaya Gustave termasuk kedalam Guinness World Record untuk kategori salah satu “Buaya Terbesar” didunia.

D. Brutus

th-78

Brutus sama halnya dengan jenis buaya cassius dimana ini ditemukan di sungai Adelaide, Northern Territory, Australia. Buaya ini berhasil ditangkap oleh seseorang bernama Matt Wright. Buaya brutus memiliki panjang 5,58 meter dengan bobot 890 kg. Brutus juga merupakan salah satu buaya terbesar didunia. Buas dan agresif adalah “sikap” dari buaya brutus dimana tidak tanggung-tanggung buaya ini merupakan pemangsa ikan hiu. Woww…

E. Alabama

th-79th-80

Alabama adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Amerika Serikat. Disini, ada sebuah keluarga yang berburu dan menangkap seekor buaya besar. Buaya ini dikenal dengan sebutan buaya Alabama dimana ketika penangkapan dan perburuan dilakukan dikawasan tersebut. Buaya Alabama sendiri tertangkap pada tahun 2014 lalu. Pada saat pengukuran tubuh, buaya ini memiliki panjang 4,5 meter dengan berat 1,0115 kg. Namun, buaya Alabama telah dimuseumkan karena tewas tertembak saat perburuan yang dilakukan keluarga tersebut. *Catatan: Buaya Alabama adalah top-teratas dalam Guinness World Record kategori “Buaya terbesar didunia” hingga saat ini.

Nah, itulah lima penemuan buaya terbesar didunia yang dapat saya sampaikan. Hmm, ada yang mau nambahi? Silahkan…