Daftar Makanan Khas Asli Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dengan melintang garis khatulistiwa diantara Benua Asia dan Australia. Indonesia juga merupakan negara yang memiliki Kepulauan terbesar didunia terdiri dari 13.466 Pulau dengan populasi kehidupan sekitar 258 juta jiwa (catatan 2016).

Tidak hanya itu saja, Indonesia yang beribukota-kan Jakarta ini juga merupakan salah satu negara penghasil sumber daya alam tersubur, negara berseni budaya, serta memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda (mulai Sabang hingga Merauke). Terlepas dari itu semua, jenis makanan khas asli dari negara kita (Indonesia) juga beraneka ragam pula!

Nah, pada artikel kali ini, saya akan melihatkan Daftar Makanan Khas Asli Indonesia yang saat ini telah tenar dikalangan warga lokal maupun non lokal. Mari kita “menggugah selera” dengan menyimak daftar makanannya dibawah ini:

1) Rendang

Rendang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Dengan cara pembuatan dan bahan penggunaannya yakni daging dipoles santan kelapa serta sejumlah rempah-rempah pilihan asli Indonesia, makanan satu ini telah menjadi pilihan utama bagi kebanyakan warga Indonesia. Tidak hanya itu saja, masakan rendang ini juga pernah dinobatkan sebagai hidangan terlezat yang berada diurutan teratas diantara 50 jenis makanan dunia lainnya berdasarkan survei CNN Internasional ditahun 2011.

2) Nasi Goreng

Nasi goreng berada diurutan kedua sebagai salah satu Makanan Khas Asli Indonesia. Cara pembuatannya yang simpel serta dapat menggugah selera makan bagi kebanyakan orang, menjadikan menu nasi goreng berada diurutan kedua setelah Rendang. Tidak hanya itu saja, seorang Barrack Obama sewaktu masih menjabat presiden negeri “Paman Sam” juga mengakui kelezatan makanan satu ini. Terlebih lagi, nasi goreng juga pernah masuk kedalam nominasi makanan terenak dan terlezat kedua didunia berdasarkan survei CNN Internasional pada tahun 2011 (bersamaan survei yang dilakukan terhadap masakan asli Indonesia lainnya yakni Rendang).

3) Gado-Gado

Makanan khas Indonesia satu ini terbuat dari berbagai kombinasi sayuran serta bumbu. Taoge, kentang, selada, tahu, tempe, telur, tomat, dan wortel adalah sejumlah sayuran yang sangat umum untuk dibuat menjadi makanan gado-gado dengan sedikit siraman kuah bumbu kacang. Jenis makanan ini sudah banyak digemari oleh warga Indonesia, tanpa terkecuali juga bangsa asing.

Dengan kata lain, gado-gado sangat patut bukan untuk saya tempatkan diurutan ketiga Daftar Makanan Khas Asli Indonesia yang top?

4) Bakso

Nah, daftar makanan khas asli Indonesia selanjutnya yang tak kalah menggugah selera warga Indonesia adalah bakso. Bakso merupakan salah satu makanan yang terbuat dari tepung yang dicampur dengan daging ayam, daging sapi, atau urat maupun telur.

Makanan satu ini dapat ditemukan dihampir bagian Indonesia, baik itu pedagang bakso keliling dan bahkan restoran mewah juga menyediakan menu makanan bakso. Biasanya, bakso sangat cocok di konsumsi bersamaan dengan kombinasi makanan lainnya seperti mie pangsit, mie bihun, maupun gorengan yang dicampurkan sedikit taburan sayuran yang mana tentunya akan menjadi salah satu makanan menyehatkan untuk di konsumsi. Sangat menggugah selera bukan?

5) Soto

Untuk jenis makanan khas Indonesia yang terakhir ini adalah makanan yang sangat mudah di jumpai apabila kamu sedang berkunjung di Indonesia. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang dapat di sajikan dengan kuah dan di dalamnya terdapat campuran daging serta sejumlah bahan lainnya. Beberapa tahun belakangan ini, makanan khas Indonesia tersebut telah di jadikan sebagai salah satu menu makanan yang di sajikan terhadap tamu-tamu undangan yang ada di acara pernikahan. Hmm,,, Jadi pengen nihhhh???

Nah, itulah daftfar makanan khas asli Indonesia yang sangat umum dikenal diberbagai kalangan orang Indonesia, tidak terkecuali bangsa luar negeri sekalipun. Diantara lima jenis makanan tersebut, manakah favorit dirimu? Silahkan beri koment dibawah kolom ini… Terima Kasih : )