Ginseng Untuk Kesehatan Kita

Ginseng pertama kali ditemukan di Negara Korea Selatan. Ginseng termasuk kedalam spesies “Genus Panax”. Namun, saat ini telah dibudidayakan oleh sejumlah Negara besar lainnya, termasuk Cina. Di Cina, ginseng digunakan sebagai salah satu pengobatan tradisonal. Ginseng memiliki senyawa bioaktif, seperti saponin, pitosterol, peptida, polisakarida, polyacetylenes, asam lemak, vitamin, dan mineral. Semua senyawa ini sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Berikut ada beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi stres mental

Ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan mental, sementara juga mengubah suasana hati dan menghilangkan kelelahan. Ini karena, ginseng memiliki sifat anti-depresan dan anti-inflamasi. Ketika seseorang mengalami tekanan berlebihan, hormon adrenalin (kortisol, adrenalin, dan noradrenaline) akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin.

2. Merangsang kekebalan tubuh dan sistem saraf

Ginseng dapat meningkatkan imunitas. Beberapa ahli mengatakan obat herbal ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada ginseng juga dapat membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh. Sedangkan pada orang tua, ini dapat berfungsi dalam mengembalikan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan flu dan penyakit menular lainnya.

3. Mengobati diabetes

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan obat-obatan antidiabetes, sangatlah penting untuk mempertimbangkan kembali dalam penggunaan ginseng secara bersamaan. Karena, ternyata ginseng lebih alami dalam mencegah dan mengatasi diabetes.

4. Mencegah kanker

Menurut Jurnal Kedokteran Cina, kandungan ginsenocides yang terkandung didalam ginseng memiliki efek mencegah tumor, mencegah kerusakan sel kanker prostat, mencegah kerusakan sel-sel kanker ovarium, mencegah kerusakan sel-sel paru-paru dan mencegah kerusakan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga berfungsi dalam menghambat kemajuan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Korea Selatan menyebutkan bahwa, ginseng dapat berguna dalam menurunkan tingkat kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh manusia. Para ilmuan itu juga percaya bahwa, kandungan ginsenocides yang terkandung didalam ginseng berfungsi dalam mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh.

6. Mengurangi kelelahan

Ginseng mengandung zat adaptogenik, yang dimana zat ini diyakini akan dapat merubah fisiologi dalam tubuh manusia untuk cepat beradaptasi dengan kelelahan seseorang.

7. Meningkatkan stamina

Ginseng yang memiliki bahan stimulan, sangat berguna dalam meningkatkan stamina. Di kalangan atlit profesional, ginseng telah digunakan sebagai bahan alami pendongkrak stamina.