Buah Anggur Yang Mengandung Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan Kita

Selama bertahun-tahun buah anggur dianggap sebagai “Ratu buah”, ini tidak hanya karena rasa yang menakjubkan saja, namun buah anggur juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah anggur yang berukuran kecil ini banyak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat penting bagi tubuh kita untuk mencapai kesehatan secara optimal.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa anggur memiliki penampilan yang sedikit tembus didalamnya? Yah, itu karena adanya senyawa antioksidan Poli-phenolic yang kuat. Seperti yang telah dibahas, buah anggur mengandung anti-oksidan yang dapat membantu dalam mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit saraf, infeksi, dan lain lain. Berikut manfaat lainnya dari buah anggur:

1. Mencegah tekanan darah tinggi

Buah anggur mengandung antioksidan yang disebut resveratrol. Apa itu resveratrol? Resveratrol adalah jenis fenol khusus yang dihasilkan oleh jenis tanaman tertentu, seperti tanaman buah anggur. Asupan yang mengandung tinggi zat resveratrol pada tubuh memiliki efek positif dalam mengatur tekanan darah normal. Zat ini akan merubah mekanisme molekul pembuluh darah melalui pengurangan aktivitas angiotensin. Aktivitas angotiensin dapat menyebabkan penyempitan di pembuluh darah, yang dimana akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Zat resveratrol pada buah anggur juga dapat bekerja dalam menstabilkan produksi pembuluh darah. Tekanan darah yang tidak teratur dapat menyebabkan kerusakan fungsi jantung. Selain itu, senyawa flavonoid pada buah anggur berguna dalam memperlancar aliran darah dalam tubuh terutama pada arteri. Buah anggur juga mengandung anti-inflamasi, yang dimana ini bekerja dalam memberikan perlindungan maksimal dari terjadinya kolesetrol jahat (LDL). Kolesterol ini adalah jenis kolesterol buruk, yang dimana ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke atau serangan jantung.

3. Mengatur berat badan

Buah anggur hanya sedikit mengandung jumlah kalori. Asupan kalori yang tinggi dapat mengakibatkan datangnya kolestrol jahat (LDL). Kandungan resveratrol pada buah anggur akan bekerja dalam menghilangkan kolesterol tersebut pada tubuh. Resveratrol juga bekerja dalam meningkatkan sistem metabolisme, yang dimana ini akan membantu dalam mengatur tingkat berat badan.

4. Mencegah alergi

Karena kandungan zat anti-inflamasi yang dimiliki buah anggur, terutama zat quercetin, akan bekerja aktif dalam mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya reaksi alergi pada tubuh.

5. Menghindari sembelit

Buah anggur memiliki kandungan mineral yang baik, yang dimana kandungan mineral yang memadai dapat membuat tubuh tetap terhidrasi. Buah anggur juga merupakan salah satu sumber serat yang baik. Buah-buahan dengan kandungan serat dan air yang tinggi akan bekerja efektif dalam mengatur gerakan usus dengan tepat dan benar, yang dimana ini akan mencegah terjadinya sembelit.