7 Jembatan Terpanjang Didunia

7 Jembatan Terpanjang Didunia– Jembatan merupakan salah satu lintasan atau jalanan yang dapat menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Jembatan juga mencakup sejumlah lintasan atau rute seperti sungai, danau, jalan raya, lautan, dan sebagainya. Demikian pula, jembatan banyak diasumsikan sebagai alternatif perjalanan untuk menghindari kemacetan ataupun mempercepat laju kendaraan.

Dan saat ini, kita akan masuk dan membahas 7 Jembatan Terpanjang Didunia yang mungkin bro and sis telah ketahui, namun untuk memperjelas kembali, lihat dibawah ini ulasannya:

1. Danyang–Kunshan Grand Bridge

th-14

Jembatan terpanjang didunia yang pertama yakni Danyang-Kunshan Grand Bridge. Jembatan ini memiliki tingkat kepanjangan sekitar 164,8 kilometer atau setara 102,4 mil. Jembatan tersebut terletak dinegara Cina dan menghubungkan jalur antara Shanghai hingga Nanjing dengan melintasi sungai Yangtze. Danyang-Kunshan Grand Bridge dibuat pada tahun 2006 dan berhasil diselesaikan pengerjaannya tahun 2010 dengan memperkerjakan sekitar 10.000 orang. Jembatan yang dibangun dengan menghabiskan biaya hingga $ 8,5 milyar ini resmi dibuka pada 30 Juni 2011.

2. Tianjin Grand Bridge

th

Jembatan yang membentang antara Langfang hingga Qingxian bagian Beijing-Shanghai, Cina, juga merupakan jembatan terpanjang dunia yang menduduki peringkat kedua. Jembatan ini dikenal dengan sebutan Tianjin Grand Bridge dan memiliki kepanjangan jalur sekitar 113,7 km atau setara 70,6 mil. Sama dengan pembuatan jembatan sebelumnya yakni Danyang-Kunshan Grand Bridge sama-sama memakan waktu selama 4 tahun.

3. Weinan Weihe Grand Bridge

th-1

Pembuatan jembatan terpanjang didunia oleh pihak Cina tidak sampai disitu saja, bahkan mereka menambah satu lagi jembatan yang dinamai Weinan Weihe Grand Bridge. Sebagai pemisah sungai Wei dan juga penghubung antara Zhengzhou dengan Xian, Cina, jembatan yang baru selesai dibangun pada tahun 2008 ini memiliki total kepanjangan jalur sekitar 79,732 km. Walaupun telah selesai ditahun 2008 namun pemerintah Cina tidak langsung membuka jembatan ini untuk umum. Jembatan tersebut diresmikan dan dibuka secara umum setelah menunggu waktu selama 2 tahun kemudian, tepatnya tanggal 6 Februari 2010.

4. Bang Na Expressway

th-2

Bang Na Expressway merupakan jembatan terpanjang didunia yang berada diperingkat keempat. Jembatan ini terletak di Bangkok, Thailand dimana lintasan jembatan tersebut menghubungkan 12 jalur. Pembuatan jembatan yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 55 km ini diarsiteki oleh seorang ahli jembatan asal Perancis bernama Jean M. Muller beserta tim pekerja dan telah selesai pada bulan Maret tahun 2000.

5. Lake Pontchartrain Causeway

th-3

Lake Pontchartrain Causeway atau biasa disebut dengan Causeway juga merupakan salah satu jembatan terpanjang didunia. Jembatan ini terdiri dari dua sisi atau bagian terpisah (seperti gambar) yang dikelilingi perairan atau danau. Jembatan Causeway terletak di Louisiana Selatan, Amerika Serikat. Guinness World Record sendiri pernah mencatat total kepanjangan jembatan ini sekitar 38,35 km atau setara 23,83 mil dan memasukannya dalam daftar jembatan terpanjang didunia urutan kelima.

6. Manchac Swamp Bridge

th-5

Jembatan Manchac Swamp Bridge terletak di Louisiana, Amerika Serikat, yang memiliki panjang jalur sekitar 36,69 km atau setara 22,80 mil juga berkategori sebagai jembatan terpanjang didunia. Jembatan tersebut telah resmi dibuka sejak tahun 1979 dan menghabiskan total dana berkisar 7 juta USD.

7. Jembatan Suramadu

th-6

Berbanggalah bangsa Indonesia sebab negara ini juga memiliki jembatan terpanjang didunia yakni Suramadu. Jembatan Suramadu tercatat memiliki panjang lintasan sekitar 5.438 meter. Jembatan ini menghubungkan antar Pulau Jawa (berada di Surabaya) dengan Pulau Madura (di Bangkalan) dan membentang di atas Selat Madura. Jembatan tersebut terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan penghubung, jembatan utama dan jalan layang.

Demikian akhir dari penyampaian artikel ini mengenai 7 Jembatan Terpanjang Didunia yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan berguna untuk nambah wawasan Bro and Sis!!!