5 Hal Terburuk Yang Anda Lakukan Untuk Tubuh

Di zaman sekarang ini, kita ingin selalu dapat hidup baik dengan taraf yang sehat dan fit. Namun tanpa kita sadari, kita telah melakukan hal-hal yang dapat memperburuk keadaan, seperti duduk terlalu lama dirumah sambil bermain video game. Kebiasaan ini hanya akan membuang waktu berharga kita saja, dan hanya sedikit kebaikan yang kita terima dari hal tersebut. Memang bermain video game dapat menyenangkan, mengurangi stres, ataupun kejenuhan. Namun, terlalu lama dengan hal tersebut hanya akan menimbulkan sebaliknya, bahkan mengganggu produktivitas kita. Dalam rutinitas harian, kita bahkan juga dapat menemukan beberapa hal yang mungkin akan mengganggu kesehatan tubuh kita, yang pada gilirannya akan berdampak negatif secara keseluruhan. Untuk itu, kita perlu mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Hal ini bertujuan agar kita dapat mencegahnya. Ada 5 hal terburuk yang mungkin kita telah lakukan untuk tubuh, berikut:

1. Oversleeping

Waktu tidur yang tepat hanya berkisar diantara 7 sampai 9 jam sehari. Hal ini akan meningkatkan kesehatan Anda. Namun, bila Anda kurang tidur atau bahkan lebih dari itu, maka kemungkinan besar Anda akan terkena gejala gangguan kesehatan. Penaykit jantung dan obesitas adalah contohnya.

2. Konsumsi alkohol

Minuman alkohol memang benar dapat menyehatkan, namun hanya dalam takaran sedang atau maksimal dua gelas perharinya. Jika Anda melakukan lebih dari itu, maka besar kemungkinan Anda akan mengembangkan berbagai macam masalah pada kesehatan. Kanker mulut, kanker leher, kanker tenggorokan, penyakit jantung, dan meningkatkan tekanan darah tinggi adalah contohnya.

3. Selama berolahraga

Untuk hidup sehat, Anda tidak hanya butuh asupan makanan yang tepat saja, namun berolahraga juga. Berolahraga adalah suatu kebutuhan bagi tubuh, terutama dalam menunjang kesehatan Anda. Ini sangat dianjurkan kepada Anda agar dapat melakukan rutinitas harian dengan memasukkan olahraga dalam kegiatan Anda. Efektifnya 90 menit perhari (jangan lebih). Jika dilakukan secara berlebihan, itu hanya akan berdampak negatif pada diri Anda. Nyeri otot sendi, kecapekan, dan fungsi jantung akan bekerja lebih keras (tidak normal) adalah contohnya.

4. Mengkonsumsi makanan dikemas

Makanan yang dikemas atau makanan cepat saji dapat membahayakan diri Anda, terutama kesehatan. Hal ini tidak banyak mengandung manfaat pada diri Anda. Berpikir secara logis saja, pada zaman sekarang ini, mungkin kita dapat menemukan makanan cepat saji dibeberapa tempat, namun apakah Anda tahu bahwa makanan itu sehat atau tidak? Menurut survei yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan, makanan cepat saji atau yang dikemas banyak mengandung bahan berbahaya, seperti mengandung pengawet, garam yang tinggi, dan lemak jenuh. Hal inilah yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Bila Anda ingin makan-makanan yang sehat, sebaiknya memasaknya sendiri. Anda sendiri yang dapat menentukan apa yang harus dimasak dan meletakkan bumbu alami tanpa pengawet. Luangkan waktu Anda sejenak untuk dapat hidup sehat!

5. Stres

Tingkat stres yang tinggi hanya akan membuat kesehatan Anda menjadi terganggu. Jika Anda mengalami tingkat stres yang berlebihan, maka itu secara lama-kelamaan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius pula. Sakit jantung, tekanan darah tinggi, sistem reproduksi yang tidak stabil, sistem otak terganggu, dan obesitas adalah gejala yang dapat ditimbulkan dari stres.

Jika Anda sedang mengalami stres, ada baiknya Anda melakukan meditasi, tarik napas dalam-dalam, keluar dari ruangan untuk menghirup udara segar, menghibur diri, dan sebagainya.