4 Alasan Mengapa Anda Harus Bisa Melakukan Duabahasa

Saya dibesarkan di rumah tangga dua bahasa dan menghabiskan hari-hari awal saya tinggal di tanah asing sebagai anak-anak budaya ketiga. Kemudian,saya telah melihat orang-orang yang memberikan komentar tentang bagaimana saya cenderung tampak lebih menarik hanya karena saya dapat dengan mudah beralih antara dua bahasa.Saya baru saja menemukan banyak alasan ilmiah mengapa anda tampaknya lebih cerdas, lebih kreatif, atau menarik, ketika anda berbicara lebih dari satu bahasa. Berikut adalah alasannya:

1.Mengembangkan memori yang baik

Para peneliti telah menemukan banyak dampak positif yang menjadikan dua bahasa pada otak kita. Membantu anda memproses informasi tentang lingkungan sekitarnya yang lebih efektif. Selanjutnya, anak-anak yang berbicara bahasa kedua biasanya memiliki kenangan bekerja jauh lebih baik, dibandingkan dengan rekan-rekan monolingual. Orang dewasa, mungkin tidak! Meskipun kenangan kerja kami dikembangkan di awal kehidupan dan mungkin sulit untuk menguasai bahasa baru setelah kita dewasa, dan dapat menuai manfaat positif.

2.Memperkuat otak anda

Menjadi fasih dalam satu bahasa dapat meningkatkan fungsi otak anda dengan menantang untuk mengoperasikan dalam sistem bahasa berbeda dan meningkatkan kemampuan anda untuk menegosiasikan makna dalam pemecahan masalah tugas-tugas lainnya juga.Mengerti akan dua bahasa orang,juga lebih baik karena untuk memperhatikan lingkungan mereka dan menganalisis itu. Keterampilan ini berasal dari bahasa yang diucapkan, sehingga seseorang dapat dengan cepat beralih antara bahasa yang berbeda.

3.Mencegah demensia dan penyakit alzheimer selama beberapa tahun

Menurut Brian Gold, seorang ahli syaraf di University of Kentucky College of Medicine di Lexington, mengetahui dua bahasa dapat mengurangi risiko Alzheimer dan menunda demensia.Ketika melakukan tes dengan dua bahasa senior, para peneliti menemukan mereka masih diperlukan untuk memilahmilah warna dan bentuk, bila dibandingkan dengan rekan-rekan monolingual. Mereka juga dimonitor prosesproses yang terjadi di dalam otak mereka dengan scanner. Ternyata bahwa otak monolingual bekerja jauh lebih sulit untuk menyelesaikan tugas, saat otak duabahasa lebih efisien dan dapat dibandingkan dengan orangorang dewasa muda.

4.Anda menjadi lebih baik dalam membangun hubungan dengan orang lain

Selain fakta jelas,bahwa yang mampu berbicara dalam bahasa yang berbeda membuatnya lebih mudah untuk membuat hubungan sosial dengan orang di seluruh dunia dan memenangkan daya tarik lebih mudah, ada juga tingkat yang lebih halus dari dampak di balik itu.Susan Ervin-Tripp dari University of California yang mencatat dalam laporannya, “ketika kita berada dalam situasi yang menuntut perubahan bahasa, kita mungkin memiliki rasa yang kuat dari pergeseran dalam nilai-nilai dan perasaan. Bahkan beberapa laporan mereka memiliki dua kepribadian.” Memang, banyak sekali mengakui mereka merasa seperti memiliki dua kepribadian yang berbeda untuk operasi satu atau lain bahasa. Terutama, ini adalah karena fakta bahwa bahasa yang berbeda mempengaruhi cara kita berpikir, dari bagaimana kita memilih kosa kata untuk menggambarkan dunia di sekitar kita,untuk tidak dipengaruhi oleh budaya yang berbeda.